KOMUNIKASI BISNIS

KOMUNIKASI BISNIS

komunikasi merupakan aspek terpenting dalam sebuah relasi baik itu secara internal maupun eksternal, dan menyangkut segala bidang kehidupan dalam masyarakat, komunikasi bermanfaat memelihara dan menggerakan kehidupan ia juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktifitas masyarakat dan peradaban, peradaban dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang, sosial , politik , ekonomi , pendidikan dan secara khusus dalam dunia bisnis.

1.     Definisi Komunikasi Bisnis
adalah terdiri dari dua suku kata, yaitu komunikasi dan bisnis. Komunikasi sendiri adalah sebagai aktivitas dasar manusia untuk berhubungan dengan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis adalah suatu struktur secara dinamis, dari pertukaran gagasan, perasaan dan usaha bersama, dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Definisi Menurut Para Ahli
Menurut Katz 
omunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

Menurut Rosenblatt
Definisi komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide ,opini,informasi ,instruksi dan sejenisnya yang dikemukakan baik secara personal,ataupun non personal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perushaan.

Menurut Curtis
Pengertian komunikasi bisnis dalam organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.

2.     Tujuan Komunikasi Bisnis Menurut James J. Floyd dan Jerry L. Winsor dan B Curtis diantaranya :
·         Menyelesaikan Masalah dan Membuat keputusan
Pendapat ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang dalam suatu bisnis, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada keahlian sesorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai sebuah keberhasilan.
·         Mengevaluasi Perilaku
Penilaian diperlukan oleh para anggota organisasi guna mengetahui dan untuk mengoreksi hal-hal apa saja yang akan dan telah dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilaian semacam ini juga memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.
·         Pemenuhan Kebutuhan Barang dan Jasa
Menurut Soeganda Priyatna, pemenuhan kebutuhan barang yang diperlukan masyarakat adalah tujuan komunikasi bisnis. Tujuan kegiatan bisnis sendiri adalah untuk memperoleh laba. Setiap organisasi menetapkan tujuan bisnisnya berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.

3.     Fungsi Komunikasi Bisnis
·         Informatif
Setiap informasi sangat dibutuhkan oleh pimpinan dan anggota organisasi guna menyelesaikan setiap tugas-tugas mereka. Informasi tersebut digunakan sebagai upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.
·         Pengendalian
Komunikasi bisnis sangat berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Prosedur, perintah peraturan dan laporan inilah yang disebut berupa komunikasi bisnis.
·         Persuasif
Dengan komunikasi, bisa digunakan untuk mengajak, mengikuti atau menjalankan ide/ gagasan atau tugas.
·         Integratif
Komunikasi memungkinkan membagi organisasi menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh

4.     Bentuk Komunikasi Bisnis
Menurut Djoko Purwanto, pola komunikasi bisa dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal communications channel)
a.       Saluran Komunikasi Formal
Dalam struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, dalam kaitannya dengan proses penyampaian informasi dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas ( top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas ( bottom-up atau upward communications ), komunikasi horizontal ( horizontal communicatons ), dan komunikasi diagonal ( diagonal communications ).
1.      Komunikasi dari atas ke bawah , adalah komunikasi dari manajer dengan bawahannya. Aliran komunikasi tersebut biasanya berhubungan dengan tanggungjawab atau kewenangannya dalam suatu organisasi/bisnis. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengarahkan, mengordinasikan, memotivasi, memimpin, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang ada di level bawah. Jalur komunikasi dari atas (manajer) kebawah (karyawan) adalah penyampaian pesan yang isinya bisa berbentuk instruksi, perintah atau prosedur untuk dijalankan oleh para bawahan dengan baik.
2.      Komunikasi dari bawah (karyawan) ke atas (manajer) adalah komunikasi yang isinya menyampaikan pesan yang bermula dari karyawan, selanjutnya disampaikan kepada bagian yang lebih tinggi, seperti bagian pabrik, manajer produksi dan manajer umum. Manajer yang bijak selalu memperhatikan aspirasi yang berasal dari karyawan. Karena dengan keterlibatan bawahan akan dapat membantu pencapaian tujuan organisasi atau bisnis.
3.      Komunikasi Horizontal adalah komunikasi yang dilakukan antara bagian yang mempunyai posisi yang sejajar dalam organisasi bisnis. Komunikasi ini bertujuan untuk melakukan persuasi, mempengaruhi atau memberikan informasi kepada bagian atau departemen yang kedudukannya sejajar.
4.      Komunikasi Diagonal, adalah komunikasi yang mellibatkan komunikasi antara dua tingkat (level) organisasi yang berbeda. Contohnya, adalah komunkasi antara manajer pemasaran denan bagian pabrik yaitu antara manajer bagian produksi dengan bag akuntansi atau manajer produksi dengan bagian promosi dan bagian keuangan dengan bagian penelitian. Keuntungannya, penyebaran informasi bisa menjadi lebih cepat dibandingkan dengan komunkasi bentuk tradisional.
b.      Saluran Komunikasi Informal
Orang-orang dalam suatu jaringan komunikasi informal tidak memandang jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, bisa berkomunikasi secara luas. Meskipun pembicaraan hanya bersifat umum. Contohnya: mengobrol humor, anak-anak, keluarga dan terkadang membahas tentang situasi kerja pada organisasinya.
5.     Manfaat Komunikasi Bisnis
1. Manfaat Internal
Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
o   Kemampuan Manajemen
o   Memiliki ambisi untuk maju
o   Kepercayaan diri
o   Kemampuan bekerja keras
o   Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
o   Latar belakang akademis
o   Kemampuan berkomunikasi efektif
o   Berpenampilan menarik
2. Manfaat Eksternal
Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.
6.     Contoh Komunikasi Bisnis Perusahaan dengan Konsumen, Investor, Supplier, Pemerintah serta Sumber daya Manusia
a.       Contoh Komunikasi Bisnis Perusahaan dengan Konsumen

Surat Penawaran Barang

Jakarta 15 April 2014
Kepada Yth,
PT. Sejahtera
Di - Jakarta
No       : 012/PNWRN/2014
Hal      :  Penawaran Barang
Lampr :  1 Berkas

Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Atmajaya Sentosa yang beralamat di Jl. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang aksesoris dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di jakarta dan kota - kota besar lainnya di Indonesia

Sesuai informasi yang kami peroleh, PT. Sejahtera adalah perusahaan yang menjual berbagai produk aksesoris yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan aksesoris dengan harga bersaing

Sehubungan dengan hal itu kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang aksesoris di perusahaan yang Bapak kelola. Harapan kami penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua elah pihak. Sebagai bahan perbandingan silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk aksesoris yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih

Hormat Kami


PT. Atmajaya Sentosa



b.      Contoh Komunikasi Perusahaan dengan Investor

Nomor Surat   :
Lampiran         : Skema Investasi & Company Profile
Perihal             : Penawaran Investasi


Kepada Yth.
Bpk. Ayub Idrus
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Dengan hormat,

PT Bangun Persada Semesta merupakan salah satu perusahaan pengembang sector property sejak tahun 2009. Dimulai dari pengembangan rumah skala kecil dan menengah yaitu perumahan Puri Duren Asri 2,3,4, Perumahan Woodhill Residence, Perumahan Jatiasih Greenwood Residence, sampai dengan rumah dengan skala besar seperti Rumah 7@east bintaro dan ruko Kalimalang Plaza.

Bersama surat penawaran ini kami dengan bangga akan mengelola investasi Bpk. Pada proyek-proyek kami yang On-Progress. Berikut Kami lampirkan skema investasi yang kami tawarkan .

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Suryono Saputra, SP.
Direktur

c.       Contoh Komunikasi Perusahaan dengan Pemerintah



Jakarta,00 Januari 2019
Lampiran         :4 (empat) berkas                                                        Kepada Yth,               
Perihal             : Permohonan impor tanpa API                                  Direktor impor             
                          Dan tanpa ijin IT Telepon Seluler                            Kementrian Perdagangan
                                                                                                            Jln. M.I.Ridwan Rais no.5                                                                                                                              Jakarta- Pusat


Dengan Hormat,

Dengan ini diberitahukan bahwa kami telah menerima kiriman barang melalui FEDEX sebagai berikut :

Nama barang                           :Perangkat komunikasi ( telepon seluler)

Jumlah                                                 : 5 (lima)

Negara Asal                            : China

Pelabuhan Tujuan                   :Soekarno Hatta Internasional Airport, Jakarta

No. Airrwaybill                                   :

Invoice No                              :

KTP                                         :

Barang tersebut akan digunakan sendiri untuk keperluan sendiri dan tidak diperjual belikan, Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan mengingat barang tersebut telah tiba di Jakarta, maka kami mohon agar Bapak Direktor Impor Kementrian Perdagangan berkenan memberikan persetujuan impor tanpa API dan dapat dikecualikan dari peraturan Mentre Perdagangan No, 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam ( Handheld) dan computer tablet.
Demikian , atas perhatian dan kebijakan, kami ucapkan terima kasih..



d.      Contoh Komunikasi Perusahaan dengan Supplier

Surat Pesanan ELEKTRO MAJU
Jln. Melati No. 25 Medan
Telp. (0271) 555667
===================================================================
Medan, 20 Januari 2015
Nomor        : 32/EM/III/2016
Lampiran   : –
Hal              : Pesanan Barang Elektronik
Kepada PT. Bangun Bersama
Jln. Kenara No. 17
Jakarta
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara kirimkan sebelumnya, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik sebagai berikut:
1. 10 Unit Kulkas
2. 5 Unit Mesin Cuci
3. 15 Unit TV
4. 20 Unit Kipas Angin
5. 10 Unit AC
Pembayaran kami lakukan secara kredit seperti dengan ketentuan yang sudah ditetapkan perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.
Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Ahmad Sudrajat
(Pemilik toko)

e.       Contoh Komunikasi Perusahaan dengan SDM

SURAT PERINTAH

Nomor : 111/PRT/X/15


Dasar
:
Dalam rangka meningkatkan kemampuan para pegawai sehingga dapat mencapai produktivitas dan efisiensi kerja, maka para pegawai perlu mengikuti pendidikan dan latihan di Semarang.

MEMERINTAHKAN

Kepada
:
Ibu Pristina
Untuk
:
Mengikuti pelatihan dan pendidikan di Hotel Novotel Raya terhitung mulai tanggal 14 Oktober 2015
Perintah ini agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.



Dikeluarkan di Surakarta
Pada tanggal 7 Oktober 2015
Kepala Sub bagian Kepegawaian


Arya Wigaya
NIP.1959010 198512 2 001



DAFTAR REFERENSI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN PERSUASI DAN NEGOSIASI

ULASAN IKLAN

Tugas Softskill Cara Menyampaikan Pendapat dalam Rapat