KOMUNIKASI BISNIS
KOMUNIKASI
BISNIS
komunikasi merupakan aspek terpenting dalam sebuah relasi baik
itu secara internal maupun eksternal, dan menyangkut segala bidang kehidupan
dalam masyarakat, komunikasi bermanfaat memelihara dan menggerakan kehidupan ia
juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktifitas masyarakat dan
peradaban, peradaban dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang, sosial
, politik , ekonomi , pendidikan dan secara khusus dalam dunia bisnis.
1.
Definisi
Komunikasi Bisnis
adalah
terdiri dari dua suku kata, yaitu komunikasi dan bisnis. Komunikasi sendiri adalah sebagai aktivitas dasar manusia untuk
berhubungan dengan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis adalah suatu struktur secara dinamis, dari pertukaran
gagasan, perasaan dan usaha bersama, dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Definisi Menurut Para Ahli
Menurut Katz
omunikasi
bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan
pencapaian serangkaian tujuan komersil.
Menurut Rosenblatt
Definisi
komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide ,opini,informasi ,instruksi dan
sejenisnya yang dikemukakan baik secara personal,ataupun non personal melalui
simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perushaan.
Menurut Curtis
Pengertian
komunikasi bisnis dalam organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan
masalah dan membuat keputusan.
2. Tujuan Komunikasi Bisnis Menurut
James J. Floyd dan Jerry L. Winsor dan B Curtis diantaranya :
·
Menyelesaikan Masalah dan Membuat keputusan
Pendapat ini sangat tepat karena semakin tinggi
seseorang dalam suatu bisnis, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada
keahlian sesorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai
sebuah keberhasilan.
·
Mengevaluasi Perilaku
Penilaian diperlukan oleh para anggota organisasi
guna mengetahui dan untuk mengoreksi hal-hal apa saja yang akan dan telah
dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilaian semacam ini juga memerlukan
kepekaan dan keahlian komunikasi.
·
Pemenuhan Kebutuhan Barang dan Jasa
Menurut Soeganda Priyatna, pemenuhan kebutuhan
barang yang diperlukan masyarakat adalah tujuan komunikasi bisnis. Tujuan
kegiatan bisnis sendiri adalah untuk memperoleh laba. Setiap organisasi
menetapkan tujuan bisnisnya berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat
organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.
3.
Fungsi
Komunikasi Bisnis
·
Informatif
Setiap informasi sangat dibutuhkan oleh pimpinan dan anggota
organisasi guna menyelesaikan setiap tugas-tugas mereka. Informasi tersebut
digunakan sebagai upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.
·
Pengendalian
Komunikasi bisnis sangat berfungsi sebagai pengatur dan pengendali
organisasi. Prosedur, perintah peraturan dan laporan inilah yang disebut berupa
komunikasi bisnis.
·
Persuasif
Dengan komunikasi, bisa digunakan untuk mengajak, mengikuti atau
menjalankan ide/ gagasan atau tugas.
·
Integratif
Komunikasi memungkinkan membagi organisasi
menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang
utuh
4.
Bentuk
Komunikasi Bisnis
Menurut Djoko Purwanto, pola komunikasi
bisa dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal communications channel)
a. Saluran
Komunikasi Formal
Dalam
struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, dalam kaitannya dengan
proses penyampaian informasi dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola
transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas (
top down atau downward
communications), komunikasi dari bawah ke atas ( bottom-up atau upward
communications ), komunikasi horizontal ( horizontal communicatons ), dan komunikasi diagonal ( diagonal communications ).
1. Komunikasi
dari atas ke bawah , adalah
komunikasi dari manajer dengan bawahannya. Aliran komunikasi tersebut biasanya
berhubungan dengan tanggungjawab atau kewenangannya dalam suatu
organisasi/bisnis. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengarahkan,
mengordinasikan, memotivasi, memimpin, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang
ada di level bawah. Jalur komunikasi dari atas (manajer) kebawah (karyawan)
adalah penyampaian pesan yang isinya bisa berbentuk instruksi, perintah atau
prosedur untuk dijalankan oleh para bawahan dengan baik.
2. Komunikasi
dari bawah (karyawan) ke atas (manajer) adalah komunikasi yang isinya
menyampaikan pesan yang bermula dari karyawan, selanjutnya disampaikan kepada
bagian yang lebih tinggi, seperti bagian pabrik, manajer produksi dan manajer
umum. Manajer yang bijak selalu memperhatikan aspirasi yang berasal dari
karyawan. Karena dengan keterlibatan bawahan akan dapat membantu pencapaian
tujuan organisasi atau bisnis.
3. Komunikasi
Horizontal adalah komunikasi yang dilakukan antara bagian yang mempunyai posisi
yang sejajar dalam organisasi bisnis. Komunikasi ini bertujuan untuk melakukan
persuasi, mempengaruhi atau memberikan informasi kepada bagian atau departemen
yang kedudukannya sejajar.
4. Komunikasi
Diagonal, adalah komunikasi yang mellibatkan komunikasi antara dua tingkat
(level) organisasi yang berbeda. Contohnya, adalah komunkasi antara manajer
pemasaran denan bagian pabrik yaitu antara manajer bagian produksi dengan bag
akuntansi atau manajer produksi dengan bagian promosi dan bagian keuangan
dengan bagian penelitian. Keuntungannya, penyebaran informasi bisa menjadi
lebih cepat dibandingkan dengan komunkasi bentuk tradisional.
b. Saluran
Komunikasi Informal
Orang-orang dalam suatu jaringan komunikasi
informal tidak memandang jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, bisa
berkomunikasi secara luas. Meskipun pembicaraan hanya bersifat umum. Contohnya:
mengobrol humor, anak-anak, keluarga dan terkadang membahas tentang situasi
kerja pada organisasinya.
5.
Manfaat
Komunikasi Bisnis
1.
Manfaat Internal
Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat
menunjang karir eksekutif perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan
dalam mempromosikan suatu jenjang karir eksekutif supaya proses komunikasi
berjalan dengan baik yaitu:
o
Kemampuan Manajemen
o
Memiliki ambisi untuk maju
o
Kepercayaan diri
o
Kemampuan bekerja keras
o
Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
o
Latar belakang akademis
o
Kemampuan berkomunikasi efektif
o
Berpenampilan menarik
2.
Manfaat Eksternal
Menjalin
komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan
keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.
6.
Contoh
Komunikasi Bisnis Perusahaan dengan Konsumen, Investor, Supplier, Pemerintah
serta Sumber daya Manusia
a. Contoh
Komunikasi Bisnis Perusahaan dengan Konsumen
Surat Penawaran Barang
Jakarta 15 April 2014
Kepada Yth,
PT. Sejahtera
Di - Jakarta
No
: 012/PNWRN/2014
Hal
: Penawaran Barang
Lampr : 1 Berkas
Dengan Hormat
Dengan surat ini kami
bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Atmajaya Sentosa yang beralamat di
Jl. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat. Kami adalah perusahaan yang bergerak di
bidang aksesoris dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di
jakarta dan kota - kota besar lainnya di Indonesia
Sesuai informasi yang
kami peroleh, PT. Sejahtera adalah perusahaan yang menjual berbagai produk
aksesoris yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan aksesoris dengan
harga bersaing
Sehubungan dengan hal
itu kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang aksesoris
di perusahaan yang Bapak kelola. Harapan kami penawaran ini dapat terwujud
dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua elah pihak. Sebagai
bahan perbandingan silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga
produk aksesoris yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat kami siap
melakukan pembicaraan lebih lanjut.
Demikian surat
penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan
banyak terimakasih
Hormat Kami
PT. Atmajaya Sentosa
b. Contoh Komunikasi Perusahaan dengan Investor
Nomor Surat :
Lampiran :
Skema Investasi & Company Profile
Perihal :
Penawaran Investasi
Kepada Yth.
Bpk. Ayub Idrus
Di Tempat
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Dengan hormat,
PT Bangun Persada Semesta merupakan salah satu perusahaan pengembang sector property sejak tahun 2009. Dimulai dari pengembangan rumah skala kecil dan menengah yaitu perumahan Puri Duren Asri 2,3,4, Perumahan Woodhill Residence, Perumahan Jatiasih Greenwood Residence, sampai dengan rumah dengan skala besar seperti Rumah 7@east bintaro dan ruko Kalimalang Plaza.
Bersama surat penawaran ini kami dengan bangga
akan mengelola investasi Bpk. Pada proyek-proyek kami yang On-Progress. Berikut
Kami lampirkan skema investasi yang kami tawarkan .
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan,
atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Suryono Saputra, SP.
Direktur
c.
Contoh Komunikasi Perusahaan
dengan Pemerintah
Jakarta,00 Januari 2019
Lampiran :4 (empat) berkas Kepada Yth,
Perihal : Permohonan impor tanpa API Direktor impor
Dan tanpa
ijin IT Telepon Seluler Kementrian
Perdagangan
Jln.
M.I.Ridwan Rais no.5 Jakarta-
Pusat
Dengan Hormat,
Dengan ini diberitahukan bahwa kami telah menerima kiriman
barang melalui FEDEX sebagai berikut :
Nama barang :Perangkat
komunikasi ( telepon seluler)
Jumlah :
5 (lima)
Negara Asal :
China
Pelabuhan Tujuan :Soekarno
Hatta Internasional Airport, Jakarta
No. Airrwaybill :
Invoice No :
KTP :
Barang tersebut akan digunakan sendiri untuk keperluan sendiri
dan tidak diperjual belikan, Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan mengingat
barang tersebut telah tiba di Jakarta, maka kami mohon agar Bapak Direktor Impor
Kementrian Perdagangan berkenan memberikan persetujuan impor tanpa API dan
dapat dikecualikan dari peraturan Mentre Perdagangan No, 82/M-DAG/PER/12/2012
tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam ( Handheld) dan computer tablet.
Demikian , atas perhatian dan kebijakan, kami ucapkan terima
kasih..
d.
Contoh Komunikasi
Perusahaan dengan Supplier
Surat Pesanan ELEKTRO MAJU
Jln. Melati No. 25 Medan
Telp. (0271) 555667
===================================================================
Medan, 20 Januari 2015
Nomor : 32/EM/III/2016
Lampiran : –
Hal
: Pesanan Barang Elektronik
Kepada PT. Bangun Bersama
Jln. Kenara No. 17
Jakarta
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara kirimkan
sebelumnya, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik sebagai
berikut:
1. 10 Unit Kulkas
2. 5 Unit Mesin Cuci
3. 15 Unit TV
4. 20 Unit Kipas Angin
5. 10 Unit AC
Pembayaran kami lakukan secara kredit seperti dengan ketentuan
yang sudah ditetapkan perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan
setelah menerima barang dalam keadaan baik.
Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas
perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Ahmad Sudrajat
(Pemilik toko)
e.
Contoh Komunikasi Perusahaan dengan SDM
SURAT PERINTAH
Nomor : 111/PRT/X/15
Dasar
|
:
|
Dalam rangka meningkatkan
kemampuan para pegawai sehingga dapat mencapai produktivitas dan efisiensi
kerja, maka para pegawai perlu mengikuti pendidikan dan latihan di Semarang.
|
MEMERINTAHKAN
Kepada
|
:
|
Ibu Pristina
|
Untuk
|
:
|
Mengikuti pelatihan dan pendidikan
di Hotel Novotel Raya terhitung mulai tanggal 14 Oktober 2015
|
Perintah ini agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
Dikeluarkan di Surakarta
Pada tanggal 7 Oktober 2015
Kepala Sub bagian Kepegawaian
Arya Wigaya
NIP.1959010 198512 2 001
DAFTAR REFERENSI
Komentar
Posting Komentar